Kapten Kapal Costa Tolak Perintah Kembali ke Kapal

Kapten Kapal Costa Tolak Perintah Kembali ke Kapal


ROMA - Kapten Kapal pesiar Costa Concordia Francesco Schettino ternyata menolak perintah untuk kembali ke kapalnya, di saat kapal itu karam dan penumpang tengah menyelamatkan diri.

Schettino diketahui lari dari kapal, ketika 4.234 penumpang tengah berupaya berjuang untuk menyelamatkan diri dari maut. Pihak penjaga pantai yang menemukannya sudah berada di daratan ketika kapalnya karam. Demikian diberitakan Raw Story, Rabu (18/1/2012).

Pihak penjaga pantai pun langsung menyuruhnya untuk kembali ke kapal, untuk menghitung jumlah penumpang perempuan dan anak-anak yang masih berada di atas kapal. Namun dirinya terus menolak dengan menyebutkan berbagai alasan.

Tidak lama kemudian Schettino pun ditangkap, ketika regu penyelam mencari penumpang serta anak buah kapal yang dilaporkan hilang di bagian lambung kapal yang masih tampak di permukaan laut.

Berdasarkan kode etik navigasi Italia, dirinya diancam penjara selama 12 tahun. Tetapi dirinya saat ini didakwa atas tuduhan pembunuhan, meninggalkan kapal serta menyebabkan kapal karam.

Hingga kini korban tewas akibat kecelakaan mencapai 11 orang, sementara 22 lainnya dilaporkan masih hilang. Bertambahnya korban ini ditemukan ketika regu penyelamat menggunakan peledak untuk meledakan bagian lambung kapal.

Anak Buah Kapal Warga Negara Indonesia (ABK WNI) dilaporkan berada di atas kapal ketika kecelakaan terjadi. 170 ABK WNI tersebut, saat ini sudah berhasil diselamatkan dan dialokasikan ke hotel-hotel oleh pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Italia.

Dua ABK WNI saat ini masih menjalani perawatan, mereka adalalah Kadek Agus Wijaya yang menderita cedera bahu dan I Nyoman Juniarta yang menderita patah tulang belakang dan kaki.

hima d3 fise

Author & Editor

Admin Hima D3 FE UNY dari divisi Kominfo

0 comments:

Post a Comment