Tentang Kulonprogo


Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah universitas negeri di Yogyakarta, UNY kita ini memiliki beberapa kampus selain yang ada di Jalan Colombo atau di Karangmalang, Sleman. Salah satunya adalah UNY Kampus Wates, Kampus ini yang terjauh dari Kampus Pusatnya. UNY Kampus Wates terdiri dari Prodi D3 Akuntansi, D3 Pemasaran, D3 Sekretaris, S1 PGSD, S1 Penjas, dan PPGT.
Banyak yang mengejek mahasiswa yang kuliah di Kampus Wates bahkan mahasiswanya sendiri mengeluh, “Kenapa di Wates, Kulonprogo? Tempatnya terlalu jauh kalau mau kemana-mana, jauh dari tempat main, jauh dari kampus/perguruan tinggi(PT) lain.”
Siapa bilang?
Siapa bilang jauh dengan PT lain? Di Kulonprogo juga ada PT, seperti IKIP PGRI, ada juga Universitas Janabadra, ada juga Universitas lumayan dekat walau sudah tidak masuk wilayah Kulonprogo Universitas Mercu Buana.
Ada juga yang bilang Kampus Wates tu terasingkan, jauh mau kemana-mana, nggak ada tempat mainnnya. Hey... itu siapa yang bilang kaya gitu? Itu pasti orang yang doyannya main ke mall. Kalau mall di Kulonprogo memang nggak ada, tapi tempat wisatanya, wuuuhhh, jangan salah...
Ini ada beberapa tempat wisata Kulonprogo yang saya tahu, diantaranya:
1.      Pantai
a.     Pantai Glagah
Pantai Glagah kira-kira 10km dari Kota Wates, pantai dengan hamparan pasir yang luas dan akan semakin indah saat sunrise ataupun sunset. Di Pantai Glagah ini juga terdapat pemecah ombak yang jarang kita temui di Pantai-Pantai lain, dan ini menambah daya tarik Pantai Glagah tentunya. Selain itu terdapat kawasan gumuk pasir dengan rumput grinting dan laguna glagah untuk berperahu wisata, olahraga kano, kayak ataupun berenang. Selain itu juga ada agrowisata buah naga, melon, semangka dan cabai yang dikelola oleh masyarakat.
Kawasan Glagah juga sering dipakai untuk event rutin motocross, festival layang-layang di bulan juli, dan pesta kembang api tahun baru. Pantai Glagah menjadi muara Sungai Serang yang sekaligus pintu masuk ke Pelabuhan Ikan Tanjung Adi Karta. Sisi barat sungai serang menjadi camping ground dan dermaga wisata.

b.    Pantai Trisik
Pantai ini berada di tenggara Kulonprogo yaitu di Banaran, Galur. Pantai Trisik ialah pantai yang tepat untuk menikmati keindahan cakrawala laut lepas, sunrise dan sunset.
c.    Pantai Congot
Pantai Congot membentang sepanjang 6,5 Km, terletak di Jangkaran, Temon di sebelah barat Pantai Galagah. Tidak jauh dari Pantai Congot terdapat tempat ritual Gunung Lanang yang dimana tiap malam 1 Suro diadakan upacara ruwatan dan dilanjutkan larung pada pagi harinya.

2.      Kalibiru
Wisata alam ini terletak di Perbukitan Menoreh, Kulonprogo, Yogyakarta, berada pada ketinggian 450m dpl, kira-kira 10km dari Wates. Daya tarik kawasan ini adalah bentang alamnya yang merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Wisata/kegiatan yang dapat kita lakukan diantaranya, Outbound Training, Wisata Pedesaan, Wisata Budaya, Wisata Pendidikan, Wisata Keluarga, Wisata Terapi, Down Hill, bagi yang suka dengan tentangan bisa juga Off-Road dan Wisata Trekking.



3.    Wisata Grojogan Watu Jonggol
Wisata ini berada Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh. Grojogan Watu Jonggol berada di ketinggian 900m dpl, yang terletak di pegunungan Menoreh di dalam kawasan Desa Wisata Nglinggo.  Grojogan ini memilki ketinggian sekitar 60m.  Selain Grojogan Watu Jonggol di kawasan ini juga terdapat dua air terjun lagi yaitu Kedung Cumpleng dan yang satunya biasa disebut Curug Nglinggo. Selain bisa melihat air terjun kita juga bisa melihat hamparan kebun teh Ngliggo.

4.    Goa Kiskendo
Goa Kiskendo salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, jaraknya kira-kira 21km dari Wates. Di dalam goa kita bisa menjumpai stalaktit dan stalakmit, selain itu terdapat pula relief cerita wayang.
             



5.    Puncak Suroloyo
Suroloyo adalah Puncak tertinggi di Pegunungan Manoreh tingginya 1071m dpl, dengan pemandangan indah di perbatasan Jogjakarta dan Jawa Tengah. Kita bisa menikmati Candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing di sisi utara dan Kota Yogyakarta serta Samudera Hindia di sisi selatan. Kita juga dapat menikmati indahnya sunrise atau sunset, tentunya bila tidak mendung atau turun hujan.
    



6.    Waduk Sermo
Di Kulonprogo juga ada waduk, dimana ini adalah satu-satunya waduk yang ada di Provinsi Yogyakarta. Letak waduk ini ada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap 5km dari Wates. Kita dapat menikmati wisata berkeliling waduk dengan perahu kita juga dapat menikmati indahnya alam, karena Waduk Sermo berlatar belakang hutan dan juga Pegunungan Manoreh.

7.    Pemandian Clereng
Pemandian Clereng berada 4km dari Wates, yakni di Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih. Clereng adalah tempat pemandian dengan kolam renang dari mata air alami clereng. Pemandian ini terletak di kawasan perbukitan yang di bawahnya mengalir mata air jernih yang juga di manfaatkan untuk air minum dan irigasi pertanian masyarakat setempat.

Nah... di atas adalah beberapa tempat wisata di Kulonprogo yang saya tahu, yang saya tahu lho ya... mungkin masih ada tempat wisata lain di Kulonprogo yang saya belum tahu. Gimana? Masih mau bilang Kuloprogo terasing, Kulonprogo nggak ada tempat main?
Jadi untuk yang kuliah di UNY Kampus Wates jangan bersedih hati ya...! Justru harus bangga dong. Terus untuk anak-anak kos yang nggak mudik di liburan ini, jangan berkecil hati! Justru liburan ini kita manfaatkan untuk jalan-jalan keliling Kulonprogo. Oke? J

Sumber:

HIMA D3 FE UNY

Author & Editor

Admin Hima D3 FE UNY dari divisi Kominfo

2 comments:

  1. grojokan watu jonggol itu dimana ya?kok ga pernah dengar ada grojokan itu

    ReplyDelete
  2. Itukan ada keterangannya kakak "Wisata ini berada Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh"...:)

    ReplyDelete