UPGRADING PENGURUS HIMA D3 FE UNY 2014

Pada awal Bulan Desember 2013 HIMA D3 FE UNY, telah melakukan open rekruitmen, yang dilanjutkan dengan proses wawancara pada 16-18 Desember 2013. Dari wawancara itu diambillah orang-orang yang dianggap mampu dan bisa membuat HIMA D3 FE UNY lebih baik, dan langsung pada 21-22 Desember 2012 diadakan sidang Musma yang dihadiri oleh pengurus HIMA D3 FE UNY periode 2013 dan periode 2014, beserta MPO. Kemudian 2 Januari 2014 dilakukan pelantikan pengurus ormawa Fakultas Ekonomi UNY di Auditorium FE.
Setelah oprek, wawancara, sidang Musma, pelantikan telah terlaksana kini giliran Upgrading. Upgrading pengurus HIMA D3 Fakultas Ekonomi UNY periode 2014-pun telah dilaksanakan kemarin hari Sabtu dan Minggu pada tanggal 11-12 Januari 2014. Jumlah peserta yang ikut sebanyak 40 orang, dengan panitia 15 orang. Upgrading berjalanan dengan lancar dan sesuai rencana.
Perjalanan menuju tempat dilaksanakannya upgrading dapat dilalui meski harus melewati lembah, gunung dan samudera. Aduh lebay... Nggak sampai melewati samudera sebenarnya, tapi perjalanan memang naik turun dan berkelok. Namun itu semua tidak menyurutkan semangat peserta upgrading yang notabene para pengurus HIMA D3 FE UNY periode 2014, yang justru begitu antusias dengan acara ini. Apalagi menuju tempat upgrading kami disuguhi pemandangan yang indah, melewati waduk sermo yang begitu menarik, dan suasana yang begitu alami dengan udara yang masih segar.
Upgrading tahun ini dilaksanakan di Kokap, Kulonprogo, untuk basecamp/tempat menginap kita menumpang di rumah Mbah Sastro. Di tempai itu kami semua belajar akan arti kesederhanaan, belajar menghargai apa yang telah kita miliki, belajar menghargai waktu, belajar hidup bersama, dan belajar akan banyak hal.
Acara pertama adalah materi oleh Dwi Aprianto alumni SI dari FIK UNY yang kini melanjutkan PPs di UNY pula, selain pernah menjadi Mapres beliau juga pernah dikirim ke Australia, Thailand, Singapura, Malaysia, Jepang karena organisasi. Inti dari materi yang disampaikan beliau, kita mengikuti organisasi bukan berarti kehilangan prestasi melainkan dengan organisasi kita malah bisa mendapat berbagai prestasi. Dari materi yang disampaikan tersebut, jelas seluruh peserta upgrading bertambah semangatnya. Setelah materi, acara berikutnya makan siang dengan bekal yang telah kita bawa, dilanjutkan dengan Sholat Dzuhur, kemudian para peserta berkumpul kembali. Saat semua peserta telah ada, kami diminta untuk kumpul perdivisi untuk membahas mengenai masalah-masalah yang ada dan kemudian memberikan solusi dengan proker-proker usulan. Setelah selesai, adzan Ashar terdengar semua peserta melaksanakan Sholat.
Acara selanjutnya adalah menyiapkan hidangan untuk makan malam (peserta dibagi 2 untuk memasak), peserta yang tidak tugas bisa beristirahat atau mandi. Kemudian semua melaksanakan Sholat Maghrib, setelah sholat kami kumpul dan bersiap untuk makan malam. Hidangan yang sederhana terasa begitu lezat karena kebersamaan, saat itu kami belajar akan arti berbagi. Setelah makan, kemudian kami sholat Isya’. Acara berikutnya adalah mempresentasikan apa yang telah kami buat siang tadi (menganalisa masalah, dan usulan proker divisi). Acara tidak membosankan karena presentasi tidak seformal seperti saat presentasi dalam kelas, presentasi diselingi dengan canda dan tawa. Presentasi selesai ± pukul 22.00 WIB, semua peserta dipersilahkan untuk istirahat. Sebenarnya ada sebagian peserta yang deg-degkan karena takut ada acara malam, tapi beruntung sampai kami dibangunkan pukul 03.30 WIB, aman tidak ada acara malam seperti saat makrab mahasiswa baru. Pagi itu peserta yang dapat jatah menyiapkan sarapan harus bertugas meski sebenarnya suasana sedingin itu lebih nikmat untuk tidur. Sarapan telah siap sekitar setengah tujuh, kemudian seluruh peserta dan panitia dikondisikan untuk kemudian makan bersama tentunya dengan hidangan yang sederhana.
Setelah semua perut terisi, peserta dikondisikan untuk kemudian outbond. Rute outbond yang memang naik turun jauh lebih menantang dengan tambahan jalan yang licin karena musim penghujan, tapi dari situlah sebenarnya kita diuji dalam hal kebersamaan dan saling bantu. Di dalam outbond kali ini kami melewati 4 pos, dimana pada tiap pos kami harus bermain, dan dari tiap permainan kami dapat belajar mengenai arti kepemimpinan, satu komando, kekeluargaan, kebersamaan, kekompakan, kedisiplinan, manajemen waktu, kepercayaan, keberanian, dan banyak pelajaran yang dapat kami ambil. Sebelum pukul 12.00 WIB, para peserta telah sampai semua di basecamp.
Setelah semua peserta telah membersihkan badan dan sholat Dzuhur, kami pun berkumpul untuk kemudian berterimakasih dan mohon pamit pada pemilik rumah yakni Mbah Sastro. Sebelum pulang, semua peserta membersihkan rumah dan mengembalikan barang ke tempat semula dan barulah kembali kerumah masing-masing.

Di upgrading ini bukan hanya sekedar mengikuti acara tahunan atau kewajiban sebagai pengurus HIMA yang baru, tapi disini kami mendapat keluarga baru, merasakan kebersamaan, mendapatkan kebahagian dan hiburan, semakin akrab dan kenal satu sama lain, merasa susah dan senang bersama.


HIMA D3 FE UNY

Author & Editor

Admin Hima D3 FE UNY dari divisi Kominfo

0 comments:

Post a Comment